• Jelajahi

    Copyright © Media Online
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Rimbo Ilir ke -XIII Desa Sumber Agung Sukses di Gelar

    JambarPost
    6/23/2024, 09:00 WIB Last Updated 2024-06-24T17:18:37Z

    Jambarpost.com, Tebo -  Pembuka’an MTQ ke XIII Tingkat Kecamatan Rimbo Ilir yang dipusatkan di lapangan bola kaki Desa Sumber Agung, Kecamatan Rimbo Ilir, Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, Minggu (23/06/2024).


    Turut hadir Pj. Bupati Tebo yang diwakili Asisten I Dr. Sindi, SH.MH, Kemenag Kabupaten Tebo yang di wakili KUA Rimbo Ilir H. Abdullah S.Ag. M.Pdi, Kepala OPD, Anggota DPR Tebo Karno, A.Md, Kapolres Tebo yang diwakili Kasat Bimas, Camat Rimbo Ilir Eko Yulianto, SE, Kapolsek Rimbo Ilir Iptu Sriyanto, SH, Danramil 416-07 RBJ Kapten Inf Wakhid Nurohim, Ketua APDESI Tebo, Dewan Hakim, para Kepala Desa, BPD, Tokoh Agama, ketua LPTQ Slamet, S.Ag,  Lembaga Adat Melayu, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Qori Qoriah serta tamu undangan lainnya.

    Sambutan Ketua Panitia Sugianto, S.Pd,  keputusan bersama Kemenag RI dan Mendagri No 151 TH 1977 dan No 19 TH 1977 tentang pembentukan lembaga pengembangan Tilawatil Quran, peraturan Kemenag RI NO 15 TH 2019 tentang Musabaqah Tilawatil Qur'an dan seleksi Tilawatil Quran.

    Tujuan MTQ Kecamatan Rimbo Ilir agar  terwujudnya peserta MTQ yang berkualitas, dan nantinya akan mewakili Kecamatan Rimbo Ilir ke tingkat Kabupaten Tebo, dan Provinsi Jambi syukur- syukur bisa sampai tingkat Nasional Aamiin. Terwujudnya Syi'ar Islam melalui lantunan ayat suci Alquran, pelaksana MTQ yang berkualitas, prestasi, ekonomi kerakyatan dan masyarakat khususnya masyarakat Desa Sumber Agung, masyarakat Kecamatan Rimbo Ilir yang berkah dengan pelaksanaan MTQ, hidup harmonis dalam masyarakatnya. Dengan tema "Membangun Generasi Qurani di Tengah Era Globalisasi".

    Untuk jumlah peserta Kafilah Kecamatan Rimbo Ilir yaitu Desa Sumber Agung 48 Kafilah, Desa Sidorejo 28 Kafilah, Desa Pulung Rejo 25 Kafilah, Desa Karang Dadi 34 Kafilah, Desa Sepakat Bersatu 38 Kafilah, Desa Giri Purno 30 Kafilah, Desa Sari Mulya 49 Kafilah, Desa Giriwinangun 44 Kafilah, Desa Rantau Kembang 9 Kafilah, dan Desa Girimulyo 41 Kafilah. 

    Yang meliputi cabang Tilawatil golongan anak-anak dan Tartil, cabang Tilawatil golongan Remaja dan Dewasa, cabang Fahmil dan Syahril Quran, cabang Berjanji dan Marhaban, cabang Penyelenggaraan Shalat jenazah, cabang Khotil Quran, Festival Rebana, cabang Hafzil Quran dan KTI Quran. 

    Sambutan Kepala Desa Sumber Agung Muryadi, A.Md terima kasih kepada segenap jajaran Panitia dan seluruh warga Desa Sumber Agung atas partisipasi, moral maupun moril tidak pernah merasa lelah selama 1 bulan untuk mewujudkan terlaksana MTQ ke XIII tepat waktu.

    Dan tak lupa apresiasi kepada siswa siswi SMK Budi Luhur peranan terpenting pasukan paskibraka, paduan suara, serta persembahan tarian dan Hadroh pada malam hari ini, dengan semangat yang tak kenal lelah mudah- mudahan menjadi generasi kebanggaan orang tuan maupun nusa dan bangsa. Aamiin 

    Ia menambahkan, kepada Official dan seluruh Kafilah peserta MTQ ke- VIII Tingkat Kecamatan Rimbo Ilir tahun 2024 kami mengucapkan selamat berjuang, semoga mendapatkan Prestasi yang terbaik dan bisa menciptakan generasi muda yang berkarakter Islami sebagaimana akhlak Rasulullah SAW, semakin mencintai mengagumkan dan membumikan Al-Qur'an. Mari kita jadikan momentum MTQ ini untuk mempererat silaturahmi dan persaudaraan kita semua, terutama masyarakat Kecamatan Rimbo Ilir.

    Hal senada di sampaikan Camat Rimbo Ilir Eko Yulianto, SE terimakasih dan Apresiasi kepada seluruh Panitia, Kepala Desa, dan semua pihak yang telah berkontribusi pada kegiatan MTQ ini, dan masyarakat Desa Sumber Agung sehingga pelaksanaan MTQ ini dapat berjalan dengan baik.

    Kami sampaikan bahwa kegiatan MTQ ini sempat terhenti karena pandemi Covid 19 pada tahun 2020, Alhamdulillah setelah vakum hampir 5 Tahun, dan akhirnya Tahun ini bisa terlaksana kembali.

    Saya berharap MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur'an, tetapi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur'an. MTQ juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka sehingga nilai-nilai silaturahmi dan kebersamaan yang tercipta antara Kafilah di arena MTQ ini akan melangkahkan semangat berlomba untuk menjadi juara. Harapnya 

    Apabila nantinya peserta telah terpilih menjadi pemenang dan berprestasi dalam cabang lomba yang mempunyai nilai sesuai Grade dan Standar MTQ Tingkat Kabupaten Tebo, agar bersiap diri untuk mengikuti ajang MTQ Tingkat Kabupaten Tebo yang akan dilaksanakan di Kecamatan Tengah Hilir pada tanggal 14-19 Juli 2024 mendatang. (Ade)





    Komentar

    Tampilkan