• Jelajahi

    Copyright © Media Online
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Loucing e- EFEKFUL dan Sosialisasi diikuti Sektor Kabag Organisasi Sektda Bungo

    JambarPost
    8/13/2024, 18:46 WIB Last Updated 2024-08-13T11:47:07Z

     


    Jambarpost.com, Bungo- Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Hambali mengikuti kegiatan Launching e-EFEKFUL dan Sosialisasi di Ruang Pola Kantor Bupati Bungo, Selasa pagi (14/08/2024).


    Dimana acara itu bagian organisasi Setda Bungo sebagai leading sektor kegiatannya. Acara itu di buka secara langsung oleh Sekda Bungo, Drs. Mursidi, MM


    Sekda memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada pemrakarsa aplikasi e-EFEKFUL ini. Aplikasi e-EFEKFUL ini diharapakan dapat menjawab berbagai permasalahan, tantangan dan kendala terutama dalam mewujudkan pelaksanaan kolaborasi pelaksanaan tugas antar Perangkat Daerah/ unit kerja perangkat daerah di masa yang akan datang.


    Di tengah pesatnya perkembangan arus teknologi informasi dalam lingkup dunia global, dimana semua akses informasi bisa terhubung dengan cepat melalui jaringan internet, setidaknya telah memunculkan berbagai tuntutan masyarakat agar Pemerintah dapat memberikan sistem pengelolaan pemerintahan yang cepat, akurat, objektif dan berkualitas. Termasuk dalam mewujudkan kolaborasi pelaksanaan tugas antar Perangkat Daerah dan/atau antar Unit Kerja Perangkat Daerah untuk mendukung capaian program kerja, visi misi, rencana strategis daerah, serta rencana kerja Pemerintah Daerah, yang bermuara pada terwujudnya pelayanan kepada masyarakat secara prima.


    ” Sekda menyambut baik diadakannya kegiatan ini, karena dapat memberikan dampak positif dan di harapkan dapat memberikan perspektif yang sama terhadap pengelolaan kinerja perangkat daerah/unit kerja perangkat daerah berbasis teknologi informasi/digital. Hal ini sejalan dengan program kerja Pemerintah, dimana pemerintah saat ini tengah mempersiapkan langkah strategis agar mampu beradaptasi dengan era industri digital menuju Indonesia digital. Presiden RI, Joko Widodo telah mengintruksikan kepada kepala daerah untuk mensukseskan program digitalisasi daerah. Pemerintah harus beradaptasi dengan teknologi digital untuk bisa memperkuat ketepatan dan keakuratan dalam pengelolaan kinerja khususnya dalam mewujudkan kolaborasi pelaksanaan tugas antar perangkat daerah/unit kerja perangkat daerah menjadi lebih baik.


    Apalagi perkembangan teknologi di era digitalisasi ini menuntut pelayanan publik untuk terus beradaptasi dengan menggunakan pendekatan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam hal tata kelola kinerja Perangkat Daerah. Perubahan sangat dinamis, serba cepat. Inovasi tidak boleh berhenti. Butuh kecepatan dan ketepatan, jika tidak ditingkatkan akan ketinggalan dan tergilas masa. Untuk mencapai itu dibutuhkan suatu sarana prasarana salah satunya melalui aplikasi e-EFEKFUL Pemerintah Kabupaten Bungo. Dengan aplikasi ini diharapkan mempu mendukung tercapainya kolaborasi pelaksanaan tugas antar perangkat daerah/unit kerja perangkat daerah, sehingga sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi antar perangkat daerah dan/atau antar unit kerja perangkat daerah dapat terjalin dengan baik, dan sedapat mungkin dapat memperkecil atau bahkan dapat menghindarkan tumpang tindih pelaksanaan urusan dan/atau sub urusan antar Perangkat Daerah.


    Menyikapi pentingnya kehadiran aplikasi e-EFEKFUL ini, diharapkan mampu mendukung pelaksanaan tugas secara baik dan berkelanjutan. Dengan penerapan aplikasi ini, proses tata kelola kinerja tidak terbatas pada jarak, ruang, dan waktu. Artinya dimanapun dan kapanpun proses pengelolaan kinerja dapat dilakukan.


    Aplikasi e-EFEKFUL juga diharapkan mampu menjadi lompatan besar bagi Pemerintah Kabupaten Bungo dalam mewujudkan e-government dan e-Governance berbasis teknologi. Artinya dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel yang keseluruhannya bermuara pada pelaksanaan tugas yang berorientasi pada hasil berbasis pada teknologi informasi atau digital.

    Pesatnya perkembangan teknologi diharapkan mampu mendukung pelaksanaan tugas dan kinerja Pemerintah Kabupaten Bungo, sehingga dapat menghadirkan pelaksanaan tugas yang efektif, efisien, dan akurat.


    Oleh karena itu saya mengharapkan agar melalui kegiatan launching dan sosialisasi pada hari ini dapat dijadikan momentum penting bagi kita khususnya ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo, untuk memaknai pelaksanaan tugas sebagai pilar good and clean governance sekaligus sebagai integrasi memori kolektif. Tentunya hal ini harus menjadi motivasi bagi para ASN untuk dapat melakukan pengelolaan dan pemantapan pelaksanaan tugas yang baik dan prosedural berbasis teknologi digital secara terintegrasi dan akurat. Hal ini penting untuk dilaksanakan sebab era yang berkembang sekarang ini, mengharuskan bagi setiap ASN dalam melaksanakan tugasnya tidak semata-mata berorientasi pada prosedur yang berlaku tapi sangat penting untuk diperhatikan bahwa kinerja yang dilakukan harus betul-betul dilaksanakan dengan cepat, cermat, dan tepat serta berorientasi pada hasil. Dan tidak kalah pentingnya adalah hasil yang dapat bermanfaat dan dapat dirasakan oleh masyarakat.”katanya.


    Sekda berharap ada komitmen bersama bagi aparatur sipil negara khususnya dan pimpinan Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo, untuk menjadi katalisator terciptanya tata kelola pelaksanaan tugas dan fungsi yang baik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Saya juga ingin memastikan bahwa kegiatan ini bukanlah sekadar pengembangan wacana yang sifatnya seremonial dan tidak produktif, sekembalinya nanti di tempat tugas masing-masing para peserta harus dapat mengimplementasikan aplikasi e-EFEKFUL ini secara profesional, visioner, sinergi dan akuntabel.


    Acara di hadiri oleh Kepala OPD, para Kabag di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bungo. (Didi)

    Komentar

    Tampilkan