• Jelajahi

    Copyright © Media Online
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Mudahkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Sekda Bungo Ikut Launching Aplikasi ILP

    JambarPost
    8/14/2024, 13:02 WIB Last Updated 2024-08-14T06:02:39Z

     


    Jambarpost.com, Bungo- Pemerintah Kabupaten Bungo melalui Dinas Kesehatan meluncurkan program integrasi layanan primer (ILP) di seluruh Puskesmas, Labkesda, Puskesmas Pembantu, dan Posyandu se Kabupaten Bungo.


    Acara tersebut di selenggarakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, Rabu pagi (14/08/2024). Acara di hadiri oleh Dirjen Kesehatan dalam hal ini diwakili oleh Kepala BBLKM Palembang, Dr. Eva Susanti S.Kp.,M.Kes, Sekda Bungo Drs.Mursidi.,MM, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, Kabid Kesmas, Camat, dan kepala Puskesmas se Kabupaten Bungo.



    Transformasi Layanan Primer merupakan pilar pertama dalam transformasi kesehatan Indonesia, di mana dalam penerapannya memiliki fokus memperkuat aktivitas promotif preventif untuk menciptakan lebih banyak orang sehat, memperbaiki skrining kesehatan serta meningkatkan kapasitas layanan primer.

    Kepala Dinas Kabupaten Bungo,dr.Safaruddin Matondang,Mph dalam penyampaian nya mengatakan, dengan integritas layanan primer (ILP) ini tentu kita berharap lebih kuat pendekatan pelayanan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan ditambah lagi dengan kegiatan primer kita yang sekaligus dimentori oleh Pak Sekda.


    “Salah satu transformasi kesehatan salah satunya digitalisasi yang kita bangun dengan Lapkes Kabupaten Bungo ini berdasarkan laporan informasi data kebutuhan Bungo di bidang kesehatan.,”Ujarnya.

    Tentu dengan menjadi integrasinya dengan kegiatan yang ada di integrasi lain primer agar lebih kuat untuk membangun kepedulian dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, dengan adanya kolaborasi ini seluruh terkait juga dengan para beberapa OPD yang terkait dengan pelayanan dan juga pada masyarakat lainnya.


    “Di bidang Lintas sektor bisa secara bekerja sama untuk bisa penguatan pelayanan primer yang ada di seluruh Kecamatan dan kekuatan untuk memberikan informasi secara update kepada masyarakat, dan juga kepada Kepala Puskesmas masing-masing nanti akan kita kirim lewat aplikasi yang sudah kita bangun.,”ucapnya.


    Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bungo Drs.Mursidi.,MM juga menyebutkan, Pemerintah daerah dengan mendukung program ini terutama memudahkan masyarakat untuk pelayanan kesehatan, kemudian pelayanan kesehatan ini nanti terintegrasi selama ini kita mungkin belum jadi integrasi dengan program ini jadi kita sangat mendukung apalagi masyarakat nanti kita mensosialisasikan kepada masyarakat.

    “Untuk mencari informasi tentang layanan kesehatan, dengan adanya aplikasi ini masyarakat dengan mudah untuk mencari informasi tentang layanan kesehatan,”katanya.


    Kemudian masalah data layanan kesehatan kabupaten Bungo kalau sudah ada integrasi kita mudah untuk mencari data apa yang diperlukan, sama-sama kita ketahui selama ini layanan kita masih menggunakan secara manual kalau sudah melalui jalur integrasi dan digital itu semua akan terkonek antara Puskesmas, dan Dinas Kesehata nanti langsung ke konek ke rumah sakit.

    “Menurutnya dengan aplikasi ini membuat masyarakat tidak lagi pusing-pusing mencari layanan kesehatan, termasuk mungkin layanan kesehatan nantinya di rumah sakit,”pungkasnya.


    Ia berharap dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat apa yang di butuhkan masyarakat dalam bidang kesehatan dapat tertangani dengan tepat.,”tutupnya.

    Di tempat yang sama Kepala BBLKM Palembang, Dr. Eva Susanti S.Kp.,M.Kes juga mengatakan, Dinas Kesehatan sedang melakukan transformasi di kesempatan yang berfokus pada 6 pilar dimana pilar pertama yaitu transformasi pelayanan kesehatan transformasi pelayanan kesehatan primer ini bertujuan untuk bisa mewujudkan kesehatan primer yang komprehensif dan berkualitas yang dilaksanakan melalui iritasi kepada penduduk.


    “Kemudian pencegahan semua dan meningkatkan kapasitas serta kapasitas pelayanan primer kesehatan masyarakat di mana fokus kita adalah jasa masyarakat atau orang tetap sehat Bukan mengobati dengan kesehatan yang terjaga maka akan meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dan lebih produktif, untuk hal tersebut yang harus kita lakukan adalah menerapkan suatu strategi yaitu integrasi pelayanan primer,”Singkat nya.


    Kemudian acara di lanjutkan dengan

    1.Penandatanganan komitmen integrasi layanan Primer Untuk 19 Puskesmas dalam Kabupaten Bungo

    2. Penyerahan bantuan makanan tambahan untuk pasien sesuai dengan siklus hidup, serta.

    3. Penyerahan sertifikat kader dengan 25 kecakapan, serta pelayanan kesehatan sesuai dengan siklus hidup.(Didi)

     

    Komentar

    Tampilkan